Minggu, 28 Desember 2008

Sabtu Malam di Maret akhir

Bhakti Eko Nugroho

Pada mulanya, aku termasuk manusia yang tidak percaya akan adanya teman sejati.

Setiap kawan,

Semua orang,

Selalu saja memiliki cela di hadapanku...

Tak sekali aku merasakan kehampaan dalam hidup

Tak sekali aku merasa sendiri, berjalan menuju arah yang tak ku kenal

Tak sekali aku harus berbalik arah, karena jalan yang kutempuh bukan menuju tempat yang harus

Tapi tak sekali pula

Udara yang berhembus mengusir kehampaan adalah kau

Jarum kompas penunjuk arah adalah nasihatmu

Air pelepas dahaga adalah dari botol minum yang kau punya

Bukan salahmu kini, yang kusesali,

Bukan kurangmu kini, yang kubenci

Sabtu malam di Maret Akhir ini

Aku merasakan betapa pahitnya ternyata, kenangan manis

Sabtu malam ini,

Aku rindu canda dan salah kita

Aku ingin lelah dan tawa kita

Aku damba sombong cemas kita

Aku ingin ulangi kesalahan kita, dan kita pun berkata bak anak muda bijak, ambil hikmahnya saja kawan....

Aku malu padamu kawan,

Ini aku dengan kesombongan dan kehinaan

Ini aku dengan sebanyak-banyaknya kesalahan

Berharap yang terbaik untuk kita

Jika berjalan bersama dapat menjadikan kita manusia pilihan Allah, maka kuharap kita kan bersama,

sebagaimana kebersamaan kita di puncak Lawu, di lembah Surya Kencana, di teras rumahku....

Jika melangkah bersama dapat membuat kita menjadi bagian dari kafilah penegak haq, maka kuharap kita kan kuat,

Sekuat tekad kita saat menyisihkan uang saku untuk membuat propaganda perlawanan, sekuat ketegaran kita saat bangkit kembali dari kealpaan dan kebodohan yang kita-lah arsiteknya...

Terkadang kemanusiaanlah yang tidak memanusiakan kita, sehingga ke-saya-an mengalahkan ke-kita-an...

Ambisi diri membunuh konsensus

Dan cinta palsu mengkhianati kebersamaan

Kini aku paham, bahwa ada kesejatian seorang kawan...

Setidaknya aku yang akan mencoba

Ya allah...kuatkanlah pertalian hati diantara kami, dan berikan kami cahayamu yang mematikan kesombongan kami.

Depok-ku, 29 Maret 2008

Tidak ada komentar:

Posting Komentar